Kamis, 23 Mei 2013

Kedudukan dan Fungsi Shalat Sunat


Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang menjadi bagian penting untuk tegak dan tidaknya bangunan agama Islam seseorang. Siapa yang menegakan shalat berarti ia telah menegakkan agamanya dan siapa yang meninggalkan shalat berarti ia telah meruntuhkan agamanya. Ingatlah bahwa shalat itu merupakan al ‘imad ad-diin (tiangnya agama) dan amalan pertama yang akan dihisab.
            Nah, selain shalat wajib yang kita ketahui ada juga yang dinamakan shalat sunat. Shalat sunat merupakan ibadah yang terbilang penting sebagai salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada sang Khaliq. Selain itu, shalat ini juga dilakukan untuk meraih pahala dari Allah SWT dan sekaligus untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat pada shalat wajib.
            Sebagai hamba Allah, selayaknya setiap diri meyakini bahwa di dalam ibadah shalat wajibnya memiliki kekurangan-kekurangan. Kurang dari Kifiyyah, perhatian, kakhusyuan, atau bahkan implementasi. Oleh sebab itu, perlu kiranya diketahui mengenai kedudukan sekaligus fungsi dari shalat sunat itu sendiri. Hal ini agar menjadi dorongan agar setiap orang mukmin semakin bersemangat dalam mengerjakannya.
Diantara fungsi dan kedudukan shalat sunat adalah Sebagai Penambal Kekurangan Shalat Wajib, sebagaimana sabda Nabi Saw :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ نَصْرِ بْنِ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ قَالَ حَدَّثَنِي قَتَادَةُ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ حُرَيْثِ بْنِ قَبِيصَةَ قَالَ قَدِمْتُ الْمَدِينَةَ فَقُلْتُ اللَّهُمَّ يَسِّرْ لِي جَلِيسًا صَالِحًا قَالَ فَجَلَسْتُ إِلَى أَبِي هُرَيْرَةَ فَقُلْتُ إِنِّي سَأَلْتُ اللَّهَ أَنْ يَرْزُقَنِي جَلِيسًا صَالِحًا فَحَدِّثْنِي بِحَدِيثٍ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَلَّ اللَّهَ أَنْ يَنْفَعَنِي بِهِ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ
Telah menceritakan kepada kami Ali bin Nashr bin Ali Al Jahdlami berkata; telah menceritakan kepada kami Sahl bin Hammad berkata; telah menceritakan kepada kami Hammam berkata; telah menceritakan kepadaku Qatadah dari Al Hasan dari Huraits bin Qabishah ia berkata; "Aku datang ke Madinah, lalu aku berdo`a, "Ya Allah, mudahkanlah aku untuk mendapat teman shalih." Huraits bin Qabishah berkata; "Lalu aku berteman dengan Abu Hurairah, aku kemudian berkata kepadanya, "Sesungguhnya aku telah memintah kepada Allah agar memberiku rizki seorang teman yang shalih, maka bacakanlah kepadaku hadits yang pernah engkau dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, semoga dengannya Allah memberiku manfaat." Maka Abu Hurairah pun berkata; "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Pada hari kiamat pertama kali yang akan Allah hisab atas amalan seorang hamba adalah shalatnya, jika shalatnya baik maka ia akan beruntung dan selamat, jika shalatnya rusak maka ia akan rugi dan tidak beruntung. Jika pada amalan fardlunya ada yang kurang maka Rabb 'azza wajalla berfirman: "Periksalah, apakah hamba-Ku mempunyai ibadah sunnah yang bisa menyempurnakan ibadah wajibnya yang kurang?" lalu setiap amal akan diperlakukan seperti itu." (HR. At-Tirmidzi  Bab  ما جاء أن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة الصلاة No 378)
Di dalam sebuah hadits diterangkan seorang sahabat mengidamkan / menginginkan bertetangga bersama Nabi SAW di Surga, sebagaimana tertera dalam hadits :
حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُوسَى أَبُو صَالِحٍ حَدَّثَنَا هِقْلُ بْنُ زِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ الْأَوْزَاعِيَّ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ حَدَّثَنِي رَبِيعَةُ بْنُ كَعْبٍ الْأَسْلَمِيُّ قَالَ كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِي سَلْ فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ قَالَ أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ قُلْتُ هُوَ ذَاكَ قَالَ فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ
Telah menceritakan kepada kami al-Hakam bin Musa Abu Shalih telah menceritakan kepada kami Hiql bin Ziyad dia berkata, "Saya mendengar al-Auza'i berkata, telah menceritakan kepadaku Yahya bin Abi Katsir telah menceritakan kepadaku Abu Salamah telah menceritakan kepadaku Rabi'ah bin Ka'ab al-Aslami dia berkata, "Saya bermalam bersama Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam, lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya, maka beliau bersabda kepadaku, 'Mintalah kepadaku.' Maka aku berkata, 'Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga -dia berkata, 'Atau dia selain itu'. Aku menjawab, 'Itulah yang dia katakan-maka beliau menjawab, 'Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud'." (HR. Muslim Bab فضل السجود والحث عليه No. 754)
Dengan keterangan hadits di atas jelas sekali bahwa shalat sunat itu untuk menyempurnakan kekurangan dari shalat-shalat wajib serta memiliki kedudukan yang mulia yaitu untuk meningkatkan derajat seseorang kelak di surga.
Perlu diketahui bahwa sebagaimana pada shalat wajib terdapat pekerjaan-pekerjaan rukun, wajib, dan sunat. Demikian pula pada shalat sunat terdapat pekerjaan-pekerjaan yang sama. Oleh karena itu, tidak dibenarkan siapapun berperilaku menganggap enteng ketika melaksanakannya.
 Oleh karena itu janganlah kita menganggap sepele terhadap shalat ini, tapi justru marilah kita dawam-kan shalat sunat ini sebagai bentuk bukti nyata komitmen kita sebagai seorang mukmin untuk melaksanakan keta’atan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar