Kamis, 23 Mei 2013

Lima AlasanBekalAkhiratLebihPenting Dari Bekal Dunia




فَإِنَّخَيْرَالزَّادِالتَّقْوىوَتَحْقِيْقُالْكَلاَمِفِيْهِأَنَّاْلإِنْسَانَلَهُسَفَرَانِ : سَفَرٌفِيالدُّنْيَاوَسَفَرٌمِنَالدُّنْيَا،فَالسَّفَرُفِيالدُّنْيَالاَبُدَّلَهُمِنْزَادٍ،وَهُوَالطَّعَامُوَالشَّرَابُوَالْمَرْكَبُوَالْمَالُ،وَالسَّفَرُمِنَالدُّنْيَالاَبُدَّفِيْهِأَيْضًامِنْزَادٍ،وَهُوَمَعْرِفَةُاللّهِوَمَحَبَّتُهُوُالإِعْرَاضُعَمَّاسِوَاهُ،وَهَذَاالزَّادُخَيْرٌمِنْزَادِالأَوَّلِلِوُجُوْهٍاَلأَوَّلُ : أَنَّزَادَالدُّنْيَايُخْلِصُكَمِنْعَذَابٍمَوْهُوْمٍوَزَادَاْلآخِرَةِيُخْلِصُكَمِنْعَذَابٍمُتَيَقِّنٍوَثَانِيْهَا : أَنَّزَادَالدُّنْيَايُخْلِصُكَمِنْعَذَابٍمُنْقَطِعٍ،وَزَادَاْلآخِرَةِيُخْلِصُكَمِنْعَذَابٍدَائِمٍوَثَالِثُهَا : أَنَّزَادَالدُّنْيَايُوْصِلُكَإِلَىلَذَّةٍمَمْزُوْجَةٍبِالآلاَمِوَاْلأَسْقَامِوَالبَلَيَاتِ،وَزَادَاْلآخِرَةِيُوْصِلُكَإِلَىلَذَّاتٍبَاقِيَةٍخَالِصَةٍعَنْشَوَائِبِالْمُضِرَّةِ،آمِنَةٍمِنَاْلاِنْقِطَاعِوَاْلزَوَالِوَرَابِعُهَا : أَنَّزَادَالدُّنْيَاوَهِيَكُلُّسَاعَةٍفِياْلإِدْبَارِوَاْلاِنْقِضَاءِ،وَزَادَاْلآخِرَةِيُوْصِلُكَإِلَىاْلآخِرَةِ،وَهِيَكُلُّسَاعَةٍفِياْلإِقْبَالِوَاْلقُرْبِوَاْلوُصُوْلِوَخَامِسُهَا : أَنَّزَادَالدُّنْيَايُوْصِلُكَإِلَىمَنْصَةِالشَّهْوَةِوَالنَّفْسِ،وَزَادَاْلآخِرَةِيُوْصِلُكَإِلىَعَتَبَةِالْجَلَالِوَالْقُدُسِ،فَثُبِتَبِمَجْمُوْعٍمَاذَكَرْنَاأَنَّخَيْرَالزَّادِالتَّقْوَى. (مفاتيحالغيبـ
Sesungguhnyasebaik-baiknyabekaladalahketakwaan ,hakikatdarifirman Allah itumenunjukkanbahwamanusiaitumemilikiduaperiodeperjalanan : yaituperjalana di Duniadanperjalanansetelahkeluardaridunia.
Perjalanan di Duniatentumemerlukanbekal ,yaitudalambentukmakanan, minuman, kendaraandanhartakekayaan .
Dan setelahmeninggalkanduniapunsangatperlubekalyaituMengenal  Allah (Ma’rifatullah), mencintaiNyadanmenghindariapa-apa yang bertentangandenganitu. Bekaluntukinilah yang lebihbaikdaripadabekalsebelumnyayaitubekalduniasetidak-tidaknyakarenalima alas an berkut:
Alasanpertama :Bekalduniadapatmenyelamatkanmudarisiksa yang masihdiperkirakan, sedangkanbekalakhiratdapatmenyelamatkamudarisiksa yang sudahpasti.
Alasankedua: bahwabekalduniadapatmenyelamatkanmudarisiksa/ kepedihan yang berujung, sedangkanbekalakhiratdapatmenyelamatkanmudarisiksa/ kepedihan yang tiadaputusnya.
Alasanketiga: bahwabekalduniadapatmengantarkanmukepadakelezatan yang sifatnyabercampurdengankekecewaan, sakit, danbencanakegagalan, sedangkanbekalakhiratakanmengantarkanmukepadakelezatan yang kekalbebasdaricampuradukdengan yang merugikan,  tidakada  kata akhirdanhilang.
Alasankeempat :bahwabekalduniasetiapsaatterancampergidanterbuang, sedangkanbekalakhiratakanmengantarmukeakhirat yang kenikmatannyaselaluada, tersediadanselalutercapai.
Alasankelima: Bahwabekalduniahanyamengantarkanmukepadajenjangkepuasannafsudansahwat, sedangkanbekalakhiratakanmengantarkanmuketangga-tanggakemuliaandankesucian.
Dengandemikianmakasecarakeseluruhandapat kami simpulkanbahwa yang terbaikdalamberbekaladalahketaqwaan.
(KitabTafsirMafaatikulGhaibKarya Imam FakhrurraziJuzke 5 hal 321 Maktabah As-Syamilah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar